Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Tips Liburan ke Solo Safari Bareng Keluarga! (ULASAN LENGKAP)

Konten [Tampil]
Tips Liburan ke Solo Safari Bareng Keluarga! (ULASAN LENGKAP)

Sudah lama sekali ingin menulis tentang pengalaman liburan kami di Solo Safari, tapi mendadak hp rusak dan memori nggak terselamatkan. Jadi dalam artikel ini kalian hanya akan melihat foto-foto di Solo Safari yang terselamatkan karena sudah diunggah di Instagram pribadiku (bentar mau nangis dulu soalnya banyak sekali foto yang lenyap!  T_T).

Nah, jadi aku dan keluarga ke Solo Safari sebetulnya awal tahun, tepatnya bulan Januari 2024. Agendanya sih mengantar si kakak lomba final provinsi di Solo, tapi sekalian healing deh. Sebetulnya aku pun sudah lupa-lupa ingat details liburannya. But, I'll try my best! :')


Lokasi Solo Safari

Kamu bisa dengan mudah menemukan Solo Safari karena dekat dengan jalan raya, dan dekat dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Dulunya saat aku masih kuliah di situ, lokasi itu sering dikenal dengan sebutan taman atau kebun binatang Jurug.

Lokasinya ada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sekarang namanya menjadi Solo Safari, karena sudah diambil alih oleh Taman Safari (cmiiw).

Dimana Parkir Kendaraan di Solo Safari?

Dimana Parkir Kendaraan di Solo Safari?

Terkait dengan informasi mengenai area parkir, awalnya kami juga bingung dimana lokasi parkir mobil saat ingin ke Solo Safari. Setelah make sure ke security Solo Safari, ternyata parkirnya ada di belakang lumayan jauh dari lokasi masuknya.

Sepertinya nama jalannya adalah Jl. Kyai H. Masykur 2, tempatnya kanan jalan dan sudah ada sign parkir untuk Solo Safari. Sewaktu aku ke sana belum jadi sih parkirannya, masih panas dan gersang.

Nah karena jaraknya lumayan jauh, ke loket utama Solo Safari naik apa dong?

Untuk kamu yang ke sana ramai-ramai, bisa drop terlebih dahulu pengunjung di lobby utama Solo Safari, kemudian kamu parkir kendaraan di area yang sudah aku jelaskan di atas.

Nanti di area parkiran tersedia angkot Solo yang siap antar pengunjung kapanpun dari parkiran ke lobby utama dan sebaliknya, tentunya GRATIS! Jadi ini memang fasilitas dari Solo Safari. Dan kemarin adalah pertama kalinya mengajak anak-anakku naik angkot! Hehe.


Berapa Harga Tiket Masuk Solo Safari?

Jadi sewaktu kami ke sana, harga tiketnya lumayan pricey karena kami mengambil tiket premium saat weekend, sekitar 110 ribu gitu untuk dewasa.

Sedangkan untuk anak usia 0-2 th masih free dengan tinggi badan kurang dari 80 cmNah, anak usia 2-6 tahun masuk ke harga tiket anak, asalkan tingginya badannya tidak lebih dari 120 cm.

Untuk usia 6 th ke atas sudah bayar full dewasa. Berikut adalah harga tiket masuk Solo Safari secara lengkapnya:

Perbedaan tiket premium dan reguler solo safari

Perbedaan tiket premium dan reguler apa sih?

Aku juga kurang paham, tapi saat aku ke sana, begitu bayar tiket premium dapat gelang penanda dan kipas souvenir berlogo Solo Safari, kemudian diarahkan menuju ke cafe depan loket untuk mengambil welcome drink.

Setelah itu nanti dekat pintu masuk ditawari foto bersama keluarga. Fotonya sih gratis, tapi bayarnya nanti di pintu keluar di toko souvenir (jika ingin dicetak).

Ini nggak wajib diambil sih. Kebetulan aku nggak cetak fotonya. Kalau tidak salah ingat biaya cetaknya 100++. Lupa tepatnya, apa 150 gitu.

Fasilitas lain dari premium adalah disediakannya buggy car dari zoo bagian belakang sampai pintu keluar toko souvenir. Jadi tidak perlu capek jalan lagi.

By the way, di Solo Safari ternyata menyediakan stroller dan kursi roda lho, namun katanya unitnya sangat terbatas.

Harga Tiket Liburan (Holiday Session) di Solo Safari

Untuk sesi liburan sekolah, Solo Safari tiket masuknya agak beda nih harganya. Tiket reguler menjadi 85.000 dan tiket premium menjadi 125.000.

Pembelian tiketnya bisa on the spot (datang lansung), via online website Solo Safari dan tiket.com.


Solo Safari Buka Jam Berapa?

Untuk weekdays, Senin-Jum'at Solo Safari buka dari jam 08.30-16.30 WIB. Sedangkan Weekend, Sabtu-Minggu buka jam 08.00-16.30 WIB
Namun untuk tanggal merah maupun event tertentu jam buka mungkin akan menyesuaikan.

Oh iya masuk Solo Safari tidak boleh membawa makanan dari luar ya, tapi tenang saja, karena di dalam banyak yang jual minuman dan ada restorannya juga. Meski harganya tentu akan menyesuaikan (hehe). Eh tapi kalau tumblr isi ulang sepertinya boleh.


Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Solo Safari

Sebelum menjelaskan hal-hal yang bisa kamu dapat saat ke Solo Safari, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Pakai topi atau payung untuk melindungi diri dari terik matahari. Eh, sunscreen jangan lupa!
  • Bawa stroller untuk anak yang masih balita, jujurly lelah deh saat keliling.
  • Pilih tiket yang premium, agar bisa nebeng buggy car ke pintu keluar zoo.
  • Bawa uang cash untuk jaga-jaga.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tas yang praktis.
  • Berkunjung di jam-jam tertentu agar bisa melihat atraksi hewan (nanti aku spill).
  • Berkeliling dengan perasaan happy, nikmati momen bersama si kecil yang tak akan terulang :)

Nah, berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati bersama keluarga di Solo Safari. Check this out! :)


1. Mengedukasi anak terkait macam-macam fauna

solo zoo review

Nah, ini kesempatan parents untuk mengedukasi anak-anak berkaitan dengan macam-macam hewan. Di area hewannya juga sudah tersedia keterangan dari masing-masing hewan secara lengkap.

Meskipun kelengkapan hewan si Solo Safari belum sempurna dibandingkan dengan kebun binatang lain, namun menurutku parents tetap harus mencoba sensasi berkeliling di sini minimal sekali seumur hidup. Kalau anak-anak sih dijamin happy!


2. Lebih dekat dengan hewan dan memberi makan (feeding animals)

Anak-anak bisa diajak untuk menyayangi hewan, yaitu dengan memberikan makan beberapa hewan jinak. Misalnya kelinci, rusa, kura-kura, burung, otter, gajah, meerkat dan lainnya. Namun tidak free memang, ada charge untuk makanannya sekitar 25k-50k.

tiket solo zoo

3. Bisa menyaksikan atraksi hewan pada jam-jam tertentu

Waktu ke Solo Safari, kami sekeluarga hanya berkesempatan untuk melihat atraksi otter. Super menggemaskan! Bahkan untuk pengunjung yang beruntung, bisa memberi makan otter juga di atraksi tersebut for free.

Berikut adalah jadwal animal's show-nya :

  • Animals Education 09.30 dan 14.30
  • Otter Keeper's Talk 10.30 | 14.00 | 15.30
  • Elephant Education 11.00 dan 16.00
  • Tiger Keeper's Talk 13.30

Nah kalau kamu jam berkunjungnya pas di momen tersebut, kamu bisa deh melihat show-nya di area hewannya masing-masing.


4. Main di playground yang bikin anak happy

Selain menikmati aneka hewan di Solo Safari, anak-anak juga bisa menikmati playground yang tersedia.

aktivitas anak di solo safari

Jadi di Solo Safari ada 2 playground, di area depan (foto kanan) itu  ada rumah pohon, perosotan hingga labirin anak. Sedangkan playground area belakang (foto kiri) dekat sungai ada perosotan, ayunan, taman bacaan hingga papan titian. Seru sih soalnya sejuk!


5. Melintasi area rusa dengan wahana Zavannah Zipline

Jadi wahana ini mirip dengan flying fox, namun bedanya adalah menggunakan kursi rotan. Untuk harganya satu kali perjalanan adalah 35k/orang, sedangkan untuk dua kali perjalanan dibandrol dengan harga 50k/orang.


6. Bisa main Dinoride, Speed Land Go-karting

Ada juga beberapa permainan di Solo Zoo, seperti dinoride hingga gokart. Tentu berbayar ya.


7. Merasakan sensasi naik unta dan gajah

Kamu juga bisa merasakan sensasi menaiki unta alias camel riding dengan biaya 50k. Namun hanya bisa di 2 sesi jam, yaitu untuk sesi pertama pada pukul 09.30-13.00 WIB dan untuk sesi kedua pada pukul 14.00-16.30 WIB.

Untuk gajah aku kurang tahu biaya dan sesinya.


8. Makan di Resto Makunde dan Kedaton Food Court.

Di dalam Solo Safari ada 2 resto, yaitu Makunde dan Kedaton. Nah, aku nggak mampir ke Kedaton. Hanya ke Makunde.

Di Resto Makunde, bagi pemilik tiket Premium bisa dapat akses makan di ruangan dalam yang ber-AC. Di ruangan tersebut juga bisa lihat singa dari dekat (ada sekat kaca tentunya). Seperti foto berikut:

kedaton food court solo safari

Di dalam Solo Safari juga ada mushola kok, guys!


9. Bisa mengikuti berbagai event menarik dan paket kegiatan

Selain itu, di Solo Safari ada banyak event dan berbagai pake kegiatan lho seperti Birthday, Gathering, Breakfast, Education, Picnic, Summer Camp, dan masih banyak lagi. Kamu bisa langsung cek aja ke instagram official : solosafari.id (Solo Safari).


Penutup

Jadi, untuk yang sedang berlibur ke Solo, bisa banget nih masukkan Solo Safari sebagai agenda liburan kalian.

Semoga tips liburan ke Solo Safari bareng keluarga dari aku ini bermanfaat ya, dan bantu kamu untuk lebih prepare liburan ke sana. Thanks and see you in another articles! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar