Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Ternyata Ada Dampak Negatif Tidur Tanpa Bantal, Penderita GERD Wajib Baca!

Konten [Tampil]

dampak negatif tidur tanpa bantal

Apakah kamu adalah salah satu orang yang memiliki kebiasaan tidur tanpa bantal? Tidur tanpa bantal memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Anak-anakku juga merupakan penikmat tidur tanpa bantal. Namun, ternyata ada dampak negatifnya untuk sebagian orang lho! Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Setiap orang memiliki gaya tidur yang berbeda-beda. Salah satu gaya tidur yang dianggap sehat dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak adalah dengan tidur tanpa bantal. Apakah benar? Lantas, apa saja ya manfaatnya? Check this out!

  • Mendukung kesehatan punggung dan leher

Posisi tidur tanpa bantal ternyata bisa membuat punggung beristirahat pada posisi yang natural, ini akan meminimalisir sakit punggung saat bangun tidur.

Adapun gangguan kesehatan pada punggung yang muncul saat tidur adalah akibat penggunaan bantal yang terlalu empuk atau bahkan terlalu tinggi. Hal ini membuat aliran darah menuju otak dan sistem pernapasan menjadi terhambat saat tidur.

Jadi apakah kamu sering mengalami badan yang tidak segar saat bangun tidur? Mungkin kamu harus memperbaiki gaya serta posisi tidurmu. Karena posisi tidur yang tidak tepat juga bisa berpotensi merusak postur tulang belakang.
tidur tanpa bantal untuk kesehatan

  • Menjagah munculnya jerawat pada kulit wajah

Saat kamu tidur miring, wajah akan menempel ke bantal. Hal ini membuat pemihan bantal untuk tidur memang harus tepat dan bersih untuk mendukung kesehatan kulit wajah.

Saat tidur, tak jarang keadaan tubuh kita menjadi berkeringat. Hal ini tentu akan menyumbat pori-pori kulit hingga bisa menimbulkan komedo hingga jerawat. Apalagi jika kamu malas untuk membersihkan bantal.


Jadi untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari jerawat memang harus memperhatikan terkait kebersihan dan posisi tidur juga.

  • Meminimalisir keparahan pada penderita alergi

Penggunaan bantal untuk orang yang memiliki alergi memang perlu berhati-hati. Apalagi kamu yang memiliki kebiasaan kurang bersih, misalnya sarung bantal yang tidak diganti secara teratur.


Kebiasaan buruk satu ini membuat bakteri maupun debu yang menempel pada bantal akan memperparah alergi. Anak-anakku memang ada alergi, sehingga mereka juga tidur tanpa bantal.


Namun, ada beberapa case tertentu yang membuat orang harus menggunakan bantal saat tidur. Kemudian, apa saja ya keadaan yang mengharuskan kita menggunakan bantal? Simak penjelasannya di bawah ini!


Dampak Negatif Tidur Tanpa Bantal

Ternyata tidak semua orang bisa tidur tanpa bantal lho! Aku adalah salah satunya. Sebagai penderita GERD (gastroesophageal reflux disorder), aku memang sangat membutuhkan bantal untuk memberi rasa nyaman tersendiri.

Selain memberi batas jam malam untuk aktivitas makan, pemilihan bantal yang tepat juga direkomendasikan oleh dokter saat aku terkena GERD. 


Bagi penderita GERD, katup pembatas antara lambung dan kerongkongan sudah tidak berfungsi optimal. Ini menyebabkan asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Bahkan bisa membuat muntah dan iritasi.


Fungsi penggunaan bantal yang tepat pada penderita GERD ini membuat posisi lambung menjadi lebih rendah dari pada kerongkongan. Hal ini akan meminimalisir kenaikan asam lambung atau bahkan kembalinya makanan yang telah masuk.


Selain penderita GERD, penderita sleep apnea hingga penderita nyeri leher juga memerlukan bantal yang tepat saat tidur. Hal ini untuk meminimalisir keparahan gangguan kesehatan tersebut.


Rekomendasi Bantal Terbaik

rekomendasi bantal kesehatan


Memory Cloud Pillow dari Domibed adalah bantal terbaik untuk mendukung tidur menjadi lebih nyenyak. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidur yang berkualitas adalah kunci kebahagiaan, produktivitas dan kesehatan yang lebih baik.


Bantal satu ini berbahan memory foam, yaitu material busa khusus yang dapat menyesuaikan dan “mengingat” posisi leher dan kepala saat tidur. 

Domi Memory Cloud Pillow merupakan adjustable pillow pertama yang paling unik di Indonesia. Terdapat proprietary blend memory foam yang terinfus dengan gel dan campuran serat microfiber. Hal ini memberikan pengalaman tidur yang lebih sejuk.

domibed kasur bantal


Bantal ini juga terbuat dari kain Cover Bamboo Super Soft yang menambah kesejukan, kelembutan dan tentunya halus untuk kulit serta dapat dicuci sesuai kebutuhan. Lapisan dalam dilengkapi dengan kain inner layer yang lentur untuk menjaga kekenyalan. 

Penutup

Pemilihan bantal terbaik sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran sehari-hari. Kini hadir produk tidur eksklusif yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas istirahat kamu serta mendukung gaya hidup agar lebih aktif dan produktif.

Kamu bukan tim ‘tidur tanpa bantal’? Pilih Memory Cloud Pillow dari Domibed saja agar tidur lebih berkualitas!

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar