Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Tantangan Memasang Kamera CCTV di Area Terpencil

Konten [Tampil]

cctv terbaik
https://www.freepik.com/free-photo/aerial-shot-colorful-buildings-surrounded-by-trees_22859440.htm

Keamanan mutlak harus dijaga dimana pun Anda berada, termasuk jika rumah Anda di area terpencil. Salah satu cara yang bisa diambil untuk mengamankan area terpencil adalah dengan memasang kamera CCTV. Namun memasang CCTV di area terpencil menghadapi sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar sistem pengawasan dapat berfungsi dengan baik.

Pemasangan CCTV di area terpencil memang sebuah pekerjaan yang menantang. Banyak keterbatasan yang harus dihadapi di area tersebut. Namun untuk meningkatkan keamanan Anda tetap harus memasang CCTV terbaik di sana. Lalu sebenarnya apa saja tantangan yang harus dihadapi, semua akan diulas secara lengkap di bawah ini!


Apa Tantangan Memasang Kamera CCTV di Area Terpencil?

Memasang CCTV di area terpencil untuk melakukan pengawasan memiliki banyak manfaat karena CCTV mampu merekam secara realtime sehingga seluruh informasi dapat tertangkap secara optimal. Oleh sebab itu meskipun banyak tantangan, tetap harus dilakukan demi keamanan area tersebut. Saat melakukan pemasangan CCTV Anda harus menghadapi beberapa tantangan seperti di bawah ini:

1. Ketersediaan Sumber Daya Listrik

Di Indonesia pasokan listrik memang belum merata ke seluruh pelosok nusantara. Meskipun di Jawa sudah mengalami surplus pasokan listrik, namun diketahui jika beberapa daerah di luar Jawa masih mengalami keterbatasan sumber daya listrik, terutama di pulau yang terpencil. Itulah kenyataan yang terjadi di area terpencil, akses ke sumber listrik masih sering tidak stabil sehingga dibutuhkan baterai atau sumber listrik alternatif lainnya agar CCTV tetap menyala. 


2. Konektivitas Internet Terbatas

Untuk memantau rekaman kamera CCTV secara online, Anda membutuhkan sambungan internet yang stabil agar rekaman dapat sampai ke device yang Anda miliki. Namun di area terpencil konektivitas jaringan internet sering menjadi kendala, kecepatan internet seringkali naik turun karena lokasinya yang jauh dari pusat kota. Solusi mengatasinya adalah dengan mengirimkan rekaman secara berkala saat koneksi tersedia. Agar sistem pengawasan tetap berjalan lancar dan tidak ada yang terlewatkan, meskipun mungkin sedikit terlambat atau tidak realtime.


3. Kondisi Geografis Menantang

Area terpencil di Indonesia medannya seringkali sulit untuk dijangkau, dikarenakan akses jalan yang tidak ada ataupun masih sangat jelek bahkan tanpa penerangan, sehingga membuat proses pemasangan CCTV menjadi lebih kompleks dan susah dilakukan. Anda membutuhkan peralatan yang tepat untuk melakukan pemasangan, terkadang alat-alat tersebut hanya dimiliki oleh profesional. Jadi jika dibutuhkan Anda bisa meminta bantuan profesional untuk memasang CCTV di area terpencil. 


4. Faktor Cuaca dan Iklim

Iklim dan cuaca juga harus dipertimbangkan jika Anda memasang CCTV di area terpencil. Kondisi cuaca ekstrim dapat mengganggu kinerja kamera pengawas Anda, untuk itu pilihlah merk CCTV terbaik yang memang dibuat untuk penggunaan eksternal sehingga tahan terhadap cuaca ekstrim, ketika panas dan hujan sekali pun tetap bisa bekerja dengan maksimal. Kamera pengawas yang dipasang akan tetap merekam dengan baik dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah.


5. Biaya Pemasangan dan Pemeliharaan

Setelah pemasangan CCTV upaya maintenance tetap harus dilakukan, agar CCTV yang dipasang tetap terpelihara dan bekerja maksimal. Namun kondisi area pemasangan terpencil sangat mempengaruhi biaya pemasangan dan pemeliharaan alat. Biaya akan lebih tinggi jika Anda melakukan pemasangan di area terpencil. Pengeluaran biaya untuk transportasi dalam rangka pemeliharaan pasti juga akan tinggi. Untuk efisiensi Anda bisa memilih model kamera CCTV yang sesuai untuk mengurangi kunjungan pemeliharaan. 


6. Keamanan Kamera CCTV

Pada area terpencil resiko terjadinya vandalisme pasti lebih tinggi dibandingkan area yang ramai. Hal ini akan meningkatkan resiko pencurian dan perusakan CCTV jadi lebih besar. Oleh sebab itu Anda membutuhkan perangkat tambahan untuk melindungi CCTV yang sudah dipasang. Misalnya dengan menambah lapisan perlindungan anti-vandal akan melindungi kamera dari kerusakan yang disebabkan aksi vandalisme.


7. Pengaturan Jangkauan dan Posisi Kamera

Pemilihan lokasi pemasangan kamera sangat penting dilakukan agar luas jangkauan pantauan memiliki cakupan yang lebar. Anda harus memastikan bahwa area yang ingin diamati dapat terpantau oleh kamera CCTV yang dipasang. Selain untuk memperluas jangkauan rekaman, memposisikan kamera pada titik yang tinggi dapat mengamankan kamera dari jangkauan aksi vandalisme.

kamera cctv
www.hikvision.com

Banyak memang tantangan yang harus Anda hadapi saat memasang kamera CCTV di area terpencil. Untuk itu mungkin pemasangan CCTV di area terpencil membutuhkan strategi khusus dan peralatan yang digunakan juga harus dapat beradaptasi dengan kondisi setempat. Walau bagaimana pun CCTV memang sangat dibutuhkan sebagai salah satu sistem keamanan di area terpencil yang sepi dan susah dijangkau.

Anda bisa memilih peralatan kamera terbaik untuk area terpencil seperti Hikvision ColorVu sebagai camera CCTV terbaik yang akan berfungsi sangat baik di sana. Seluruh momen akan terekam dalam warna yang terang meskipun keadaan area terpencil minim pencahayaan. Hasil kamera CCTV zoom juga dalam warna yang cerah, dengan resolusi sampai 4K. Untuk informasi selengkapnya tentang Hikvision ColorVu Anda bisa dapatkan di sini.


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar